Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
* Set instruksi (ISA)
* Arsitektur mikro dari ISA, dan
* Organisasi atau susunan sistemnya
Ada 2 bagian pokok arsitektur computer :
1. Instructure set Architacture
Spesifikasi yang menentukan
bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan computer.
2. Hardware System Architacture
meliputi subsistem hardware
dasar, yaitu CPU , memori dll.Beberapa atribut yang digunakan untuk mengukur
kualitas komputer :
1. Generalitas
2. Daya Terap (Applicability)
3. Efesiensi
4. Kemudahan Penggunaan
5. Daya Tempa (Maleability)
6. Daya Kembang (Expandibility)
8. Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan
Arsitektur komputer, tiga diantaranya adalah :
1. Manfaat Arsitektural
2. Kinerja Sistem
3. Biaya Sistem
Ada empat ukuran pokok yang menentukan
keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya
yaitu :
1. Aplicability
2. Maleability
3. Expandibility
4. Comptible
MENGUKUR KUALITAS ARSITEKTUR KOMPUTER
Generalitas adalah ukuran besamyajangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur. Sebagai contoh, komputer yang terutama digunakan unmk aplikasi'ilmiah dan teknik menggunakan aritmetik floating-point (dengan nomor disimpan dengan penoojuk besrnya dan eksponennya) dan komputer yang terutama digunakan untuk aplikasi bisnis menggunakan aritmetik desimal (dengan nomor ditampilkan sesuai dengan digit desimalnya). Sistem umum memberikan dua jenis aritmetik.
Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan
yang telah direncanakannya. komputer dirancang untuk satu dari dua area aplikasi utama: (l) aplikasi ilmiah dan teknis dan (2) aplikasi komersil biasa. Aplikasi ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang biasanya untuk memecahkan persamaan kompleks dan untuk penggunaan aritmetik floatingpoint ekstensif. Mereka ini adalah computation-intensive application (aplikasi komputasi intensit), yang berarti mereka mempunyai rasio operasi CPU ke memori dan operasi I/O yang jauh lebih tinggi dari pada aplikasi lain (walaupun banyak komputasi simbolisnya juga merupakan computation-intensive). Aplikasi komersil umum atau biasa adalah aplikasi yang didukung oleh pusat komputer biasa: menghimpun (compiling), menghitung (accounting), mengedit, penggunaan
spreadsheet, dan word prosesing, seperti yang ada di komputer secara umum. Area
aplikasi lain yaitu yang ada kaitannya dengan mesin tujuan
Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang selalu
sibuk selama penggunaannya biasa. Arsitektur yang efisien memungkinkan (namun
tidak memastikan) terjadinya irnplementasi yang efisien.
Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi programmer
sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut,
misalnya sistem pengoperasiannya atau compilernya. Oleh karena itu, kemudahan
penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan berkaitan erat dengan generalitas. Defmisi
ini jangan dikacaukan dengan istilah 'mudah untuk digunakan' (friendly) yang diperuntukkan bagi pemakai dalam menggunakan komputer. Istilah mudah untuk digunakan ini ditentukan oleh sistem pengoperasian dan software yang ada,
Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang
untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas.
Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun
DAFTAR PUSTAKA:
- http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer
- http://journal.mercubuana.ac.id/data/ARSITEKTUR%20%20KOMPUTER1.doc
- www.yohanes_ari.staffgunadarma.ac.id
- http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2067216-pengertian-perangkat-input/#ixzz2GFyga4Gc
- http://mellyndut.blogspot.com/2010/07/pengertian-alat-input.html
- http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_data_storage
- http://efankhonghucu.blogspot.com/2010/05/peralatan-input-output.html
- http://www.ebookbeta.com/alat/alat-input-dan-output-terbaru-page.html
- http://liyantanto.wordpress.com/2009/05/05/inputmasukan-dan-outputkeluaran/
- http://dunianyaamahasiswa.blogspot.com/2013/01/arsitektur-komputer.html
- http://panksgrunge.blogspot.com/2010/06/mengukur-kualitas-arsitektur-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar